Saturday 28 November 2009

3 ATLET SEMARANG

Semarang, 17/1 (Sports.Roll) - Pelatnas Program Atlet Andalan (PAL) cabang olahraga renang yang digelar di Semarang ternyata baru diikuti tiga dari tujuh perenang yang direncanakan berlatih di kota ini, meskipun program ini telah diresmikan bulan November 2008.

Pelatih renang pelatnas PAL, Hartadi Nurjojo di Semarang, Sabtu, mengatakan, tiga perenang yang baru bergabung itu memang semuanya asalnya Jawa Tengah, meskipun Billy Afrianto terdaftar sebagai atlet Kalimantan Timur.

"Billy memang atlet Kaltim tetapi asalnya dari Jawa Tengah sehingga yang bersangkutan bisa langsung bergabung dengan dua atlet Jateng yang ditunjuk masuk pelatnas PAL, yaitu Andre Cipta dan Margareta Kreita," kata Hartadi yang juga pelatih renang Jawa Tengah tersebut.

Menurut dia, atlet-atlet dari provinsi lain belum bergabung dengan mereka karena terkendala masalah dana, mengingat dana untuk atlet yang mengikuti pelatnas PAL belum turun sehingga mereka kesulitan untuk datang ke Semarang.

"Mereka belum mendapat dana atau uang saku untuk berlatih di Semarang karena sampai kini memang dana untuk pelatnas PAL terutama cabang olahraga renang memang belum turun," katanya.

Sebanyak tujuh perenang yang masuk pelatnas Program Atlet Andalan (PAL) akan berlatih di kolam renang Jatidiri Semarang, menyusul keputusan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) yang menetapkan Semarang dan Bandung sebagai tempat latihan para perenang.

Hartadi Nurjojo menambahkan, mereka yang berlatih di Semarang dikhususkan untuk perenang yang memiliki spesialisasi jarak pendek, yaitu untuk gaya dada dan gaya kupu-kupu, sedangkan untuk mereka yang berlatih di Bandung khusus untuk jarak jauh.

Ia menjelaskan, Doni B Utomo, perenang asal Jawa Tengah tidak berlatih di Semarang tetapi di Bandung karena nomor yang ditekuni perenang klub TCS Semarang tersebut adalah jarak jauh.

Ketujuh perenang PAL yang menjalani pelatnas di Semarang adalah Billy Afrianto (Kaltim), Harisal (Sumbar), Yesica Laurent (Sulsel), Taka Ida (Bali), Andre Cipta (Jateng), Margareta Kreita (Jateng), dan Indra Gunawan (Sumut) dengan pelatih Hartadi Nurjojo.

Kemudian yang berlatih di Bandung di antaranya adalah Doni B Utomo (Jateng), Glen Victor, Raina Salmi, Yesi Yoseph, P. Sicha, Idam Basuki, Priadi Basuki yang kesemuanya berasal dari Jabar dengan pelatih Nizarudin (pelatih renang Jabar).

Menyinggung sampai kapan mereka berlatih di Semarang atau Bandung, dia mengatakan, program ini untuk jangka panjang sehingga tidak tahu kapan berakhirnya, mengingat SEA Games 2009 di Laos mendatang hanya sebagai sasaran antara dari atlet-atlet yang masuk Program Atlet Andalan tersebut.

Ia menjelaskan, untuk pelatnas PAL ini memang diperuntukkan untuk jangka panjang sehingga mereka terus berlatih di kedua daerah tersebut sampai waktu yang tidak terbatas. "Apalagi di PAL ini ada atlet utama, madya, dan pratama sehingga sasaran utamanya untuk pembinaan jangka panjang. Jadi kita menyiapkan sejak dini untuk atlet-atlet muda," katanya. ***4*** (

No comments:

Post a Comment