Saturday 28 November 2009

MOTIVASI ATLET

BALIKPAPAN- Sebagaimana yang diharapkan oleh KONI Balikpapan, sekiranya program pembinaan atlet-atlet tersebut tidak hanya terpaku oleh pengurus cabang olahraga masing-masing. Namun demikian akan lebih baik lagi jika hal tersebut juga menjadi sasaran utama bagi klub-klub ataupun perguruan yang berada di bawah naungan pengcab bersangkutan.

Anjuran KONI itulah tampaknya yang menjadi sasaran salah satu klub renang di bawah naungan Pengcab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Balikpapan. Klub renang Green Taruna meski tergolong salah satu klub anyar di PRSI Balikpapan, namun keberadaannya tidak hanya sekedar membina dan menciptakan atlet-atlet renang potensial bagi Balikpapan dan bahkan tingkat nasional.

“Tujuan kami mendirikan klub renang Green Taruna ini memang tidak lain untuk terus melakukan pembinaan guna melahirkan atlet-atlet berprestasi nantinya. Sudah tentu tidak hanya prestasi di tingkat daerah maupun nasional saja, harapan kami ke depan tentunya bagaimana atlet binaan kami ini mampu bersaing ke level internasional,” tegas Sri Wisnu Wiharsa, pelatih dari Green Taruna Balikpapan ini.

Menurutnya untuk mencapai prestasi tersebut memang tidak semudah membalik telapak tangan, karenanya klub ini pun perlu adanya dukungan dari berbagai pihak termasuk dari orang tua atlet. “Karena itu pula kami pun membutuhkan yang namanya orang tua angkat guna menyupport program-program klub ke depan,” ujar Wisnu.

Untuk itu klub Green Taruna melalui manajernya yang dapat dikatakan sebagai orang tua angkat mereka yakni Jimmy Richard, memiliki cara guna memotivasi atlet mereka sejak usia dini tersebut. “Karena pembinaan atlet sejak dini ini tidak hanya butuh keuletan dan ketelatenan. Namun bagaimana atlet-atlet kita ini benar-benar termotivasi untuk terus maju mencapai prestasi,” terang Jimmy.

Untuk itulah guna meingkatkan motivasi atletnya Jimmy pun atas nama klubnya memberikan apresiasi kepada atlet-atlet mereka yang berprestasi dalam setiap even. “Karena menurut saya, salah satu cara untuk terus memacu motivasi atlet untuk berprestasi, memang sudah seharusnya jika kami memberikan apresiasi kepada mereka.

Sehingga keinginan mereka untuk lebih baik itu terus ada,” ujarnya. Bukti dari apresiasi klub kepada atletnya tersebut memang membuahkan hasil, terbukti pada kejuaraan antar klub yang berlangsung beberapa waktu lalu di Bontang, klub Green Taruna meski baru terbentuk sekira setahun lalu mampu bertengger di peringkat ketiga dalam perolehan medali. “Klub kami mampu merebut 14 medali emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Ini prestasi luar biasa bagi klub, apalagi dari even ini pula atlet putri kami Stefany Gloria mampu merebut predikat perenang terbaik kedua,” beber Jimmy. Termasuk salah satu atlet fenomenal yang masuk binaan klub Green Taruna Balikpapan Ignatius Budi Utomo. “Untuk Ignatius sendiri, mengingat ketidakberadaan fasilitas kolam renang bertaraf standard di Balikpapan, kami mengirim dia untuk mendalami latihan di Semarang.

Target kami dia bisa masuk pada program PAL mendatang,” tegasnnya. Berkaitan dengan apresiasi untuk memacu motivasi atletnya tersebut, pada Sabtu (5/9) kemarin didampingi pelatih Wisnu dan sebagian orang tua atlet, Jimmy memberikan bonus kepada atlet-atlet berprestasi di kolam renang Sport Centre Balikpapan Baru.

“Jangan dilihat jumlahnya, tapi saya berharap kepada semua atlet untuk terus berlatih dan termotivasi, sehingga nanti dapat berprestasi lebih baik. dan kami akan terus memberikan apresiasi ini kepada mereka yang berprestasi,” tandas Jimmy yang berharap Balikpapan mampu membangun kolam renang bertaraf internasional mengingat besarnya potensi atlet yang ada. Atlet yang menerima apresiasi kemarin adalah Stefany Gloria, Farah Salsabila, Anastasia Jesica, dan Alia Diah.(san)

No comments:

Post a Comment